Bahas Pengendalian Banjir dan Risiko Bencana, Pemko Padang Gelar FGD

Bahas Pengendalian Banjir dan Risiko Bencana, Pemko Padang Gelar FGD

Padang, Cagak.id—Dalam upaya pengendalian banjir dan pengintegrasian risiko bencana, Pemerintah Kota Padang menggelar Focus Group Discussions (FGD) untuk menbicarakan peran Pemerintah, Masyarakat, dan Dunia Usaha.

FGD diadakan di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Jumat (18/8/2023) itu dibuka oleh Wali Kota Padang Hendri Septa. Kegiatan ini melibatkan unsur Bappeda Sumatera Barat (Sumbar), Dinas PSDA dan Bina Konstruksi Sumbar, BWS Sumatera V, Balai Pelaksana Jalan Nasional Sumbar serta dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumbar, ATR/BPN Kota Padang dan BPS Kota Padang.

Wali Kota Hendri Septa menyampaikan, FGD ini sangat penting dilakukan dalam rangka menyikapi pengendalian bencana banjir dan pengintegrasian kesiapsiagaan terhadap endemi ke dalam pengurangan risiko bencana di Kota Padang.

“Tidak kita pungkiri Kota Padang memang kerap dilanda banjir dan genangan air apabila terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi. Puncaknya terakhir pada 13 dan 14 Juli 2023 lalu banjir hebat disertai tanah longsor melanda yang menyebabkan dampak yang cukup signifikan,” ungkap Wali Kota.

Di samping itu ujar Wako, bencana lainnya juga perlu disikapi seperti gempa bumi, abrasi, gelombang pasang, kebakaran dan lainnya.

“Untuk itu, semoga melalui FGD ini nantinya dapat menjaring upaya kita bersama dalam mengantisipasi dan mengurangi risiko bencana itu semua. Termasuk menghasilkan dokumen rencana penanggulangan bencana tersebut yang memiliki keterkaitan dengan pengintegrasian kesiapsiagaan terhadap endemi ke dalam pengurangan risiko bencana di Kota Padang,” harap Wali menambahkan.

Seperti diketahui, FGD kali ini bertujuan untuk membahas dan memberikan masukan serta referensi bagi para pemangku kepentingan dalam merumuskan strategi, kebijakan dan program kegiatan dalam mengantisipasi, mengelola dan mengurangi bencana khususnya banjir dan genangan air yang terjadi di Kota Padang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top