Azwar Anas Meninggal Dunia, Wako Hendri Septa Sampaikan Ini

Azwar Anas Meninggal Dunia, Wako Hendri Septa Sampaikan Ini

Padang, cagak.id – Kabar duka menyelimuti Ranah Minang, pasalnya salah seorang tokoh nasional dari Sumatera Barat yang pernah menjabat jabatan strategis di Indonesia yaitu Letjen TNI (Purn.) Ir. H. Azwar Anas Datuak Rajo Sulaiman meninggal dunia.

Gubernur Sumbar selama dua periode yaitu 1977–1987 ini dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Minggu 5 Maret 2023 sekira pukul 11.42 WIB.

Mendengar kabar duka tersebut, Wali Kota Padang Hendri Septa saat dihubungi cagak.id mengucapkan rasa duka mendalam atas berpulangnya tokoh nasional yang berasal dari Ranah Minang dan dikenal sangat peduli terhadap pembangunan Sumbar.

“Sebelumnya, kami mengucapkan Innalillahi wa inna illaihi rajiun atas berpulangnya Bapak Azwar Anas di Jakarta,” kata Hendri Septa.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya, dirinya sempat melakukan kunjungan dan membesuk Ketua Majelis Pembina Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998) tersebut.

“Pada 15 Februari 2023 lalu saya sempat membesuk beliau di RSPAD Gatot Soebroto dan berdoa untuk kesembuhan beliau,” ujar Wali Kota Padang yang baru saja menerima penghargaan sebagai The Best Leaders of The Year pada Jumat 3 Maret 2023 lalu tersebut.

Ia menjelaskan bahwa banyak jasa almarhum untuk bangsa Indonesia ini, khususnya Sumatera Barat, baik di bidang pemerintahan, sosial, budaya, dan olahraga.

“Jasa baik Pak Azwar Anas untuk bangsa ini, terkhusus untuk Sumatera Barat, sangatlah besar karena beliau adalah tokoh yang peduli pada pembangunan Sumbar, religius, memahami adat, sehingga pendidikan karakter islami salah satu menjadi kepedulian beliau,” kata Wali Kota Padang.

Ia pun mengakui bahwa Ranah Minang kehilangan tokoh besar dan berharap semoga segala jasanya menjadi amal ibadah yang dimuliakan Allah SWT.

“Azwar Anas adalah tokoh kebanggaan urang awak, namanya telah terpatri karena karyanya untuk daerahnya, untuk bangsanya,” ujar Hendri Septa.

Selain itu, semasa hidupnya, almarhum Azwar Anas juga pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Indonesia pada Kabinet Pembangunan V (1988–1993).

Namun sebelumnya, ia pun pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatra Barat selama dua periode (1977–1987). (ADE)

.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top