Alek Nagari Pampangan Nan XX Digelar, Hendri Septa Harapkan Jadi Contoh Bagi Kelurahan Lain

Wako Hendri Septa saat menghadiri Alek Nagari di Pampangan Nan XX

PADANG – Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi gelaran Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung yang dipusatkan di Komplek Plana kawasan Kantor Lurah setempat, Minggu 18 Desember 2022.

Hendri Septa mengatakan Alek Nagari tersebut sangat penting dilakukan untuk melestarikan tradisi, seni dan budaya Minangkabau di tengah kehidupan sehari-hari di Kota Padang yang kini terus berkembang.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi acara Alek Nagari yang sudah jarang ditemukan di tengah masyarakat saat ini,” kata wali kota milenial yang hadir bersama Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa.

Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX ini sendiri merupakan kegiatan pertama yang digelar di kelurahan setempat dan diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Kelurahan Pampangan Nan XX  dengan LPM, Pemuda, Forum Nagari serta RT/RW se-kelurahan.

Wali Kota Padang saat ditemui Cagak.id menjelaskan bahwa beberapa perlombaan yang digelar di antaranya Lomba Marandang Jo Nasi Kunyik dan Lomba Posyandu antar RW se-Kelurahan Pampangan Nan XX.

“Masing-masing kelompok peserta dari kaum ibu saling berlomba memasak rendang, dan rendang yang paling terlezat menerima hadiah dari panitia,” katanya.

Menurutnya banyak hal positif yang didapat dari acara Alek Nagari tersebut tentunya, baik dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan kekompakan sesama warga maupun melestarikan dan mengedukasi masakan rendang bagi masyarakat khususnya generasi muda.

“Kegiatan ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi anak kemenakan kita ke depannya karena sebagaimana selaku generasi saat ini kita harus terus melestarikan tradisi, seni dan budaya yang kita miliki sehingga diharapkan kegiatan Alek Nagari ini dapat dilakukan berkelanjutan dan ditiru oleh kelurahan lainnya di Kota Padang,” ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Wali Kota Padang juga menyaksikan penyerahan secara simbolis bantuan dana operasional RT/RW se-Kecamatan Lubuk Begalung dari Camat Lubuk Begalung Heriza Syafani.

Kemduian Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny pun juga menyerahkan trophy Juara Umum Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX Tahun 2022 dihadapan Lurah Pampangan Nan XX Afrizal Herman dan Ketua Penyelenggara Alek Nagari Kelurahan Pampangan Nan XX Yuslinda Sabir bersama Ketua LPM, Ketua Forum Nagari, Ketua Karang Taruna dan elemen masyarakat di kelurahan setempat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top