410 Pelajar SLTA di Kota Padang Mengikuti Seleksi Calon Paskibraka 2023

410 Pelajar SLTA di Kota Padang Mengikuti Seleksi Calon Paskibraka 2023

Padang, cagak.id–Sebanyak 410 pelajar tingkat SLTA se-Kota Padang mengikuti seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Padang tahun 2023. Seleksi yang dilangsungkan di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center selama 13-17 Maret 2023 itu, dibuka secara resmi Wali Kota Padang Hendri Septa, Senin (13/3/2023) pagi.

Hendri Septa menjelaskan seleksi Paskibraka bukan sekadar seleksi mencari yang terbaik dari yang baik. Namun lebih dari itu yakni sebuah upaya mendorong dan mewujudkan generasi muda Kota Padang yang berkualitas.

“Anggota Paskibraka bukan sekadar menaikkan bendera Merah Putih saja, tapi juga diharapkan berperan memberikan contoh seperti menanamkan nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air dan menghargai para pahlawan bagi generasi muda lainnya,” ujarnya.

Mengingat pentingnya seleksi ini Hendri Septa berharap kepada semua peserta dapat mengikuti rangkaian seleksi dengan sungguh-sungguh.

“Saya berharap anggota Paskibraka yang lolos seleksi nantinya benar-benar memiliki kemampuan intelektual serta wawasan kebangsaan yang bagus. Begitu juga memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan pemahaman terhadap UUD 1945. Semoga anggota Paskibraka Kota Padang yang terpilih dalam seleksi ini nantinya juga dapat mewakili Sumbar mengikuti seleksi di tingkat nasional. Mudah-mudahan mereka terpilih untuk langsung mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Negara pada momen Upacara Peringatan HUT RI ke-78,” harap Wako Padang bersemangat.

Pada saat yang sama Kepala Kantor Kesbangpol Kota Padang Tarmizi Ismail menyebutkan seleksi calon Paskibraka Kota Padang sejatinya merupakan ajang tahunan yang merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Anggota Paskibraka tersebut nantinya akan mewakili Kota Padang untuk seleksi tingkat Sumbar. Kita juga berharap mereka juga lolos dan mewakili Sumbar ke seleksi tingkat nasional,” harapnya.

Tarmizi menjelaskan, untuk dari 410 peserta seleksi Paskibraka tahun ini peserta putra sebanyak 217 orang dan perempuan 193 orang.

“Untuk penyeleksi dilakukan oleh tenaga terlatih dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Padang,” sebutnya. (CGK)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top