1.210 Mahasiswa Unand Diwisuda, Rektor Unand Pesankan 3 Hal Ini

Sebanyak 1.210 mahasiswa Unand ikuti wisuda

Sebanyak 1.210 mahasiswa Universitas Andalas (Unand) menjalani prosesi Wisuda VI tahun 2022, Sabtu 14 Januari 2023.

Ribuan mahasiswa yang diwisuda tersebut berasal dari berbagai tingktan diantaranya program Diploma Tiga (D3) sebanyak lima orang, Sarjana 805 orang, Profesi 160 orang, Magister 194 orang, Spesialis 27 orang dan Doktor 19 orang.

Rektor Unand Yuliandri mengatakan Unand memberikan tiga target dan hak yang disampaikan kepada para wisudawan yang diwisuda.

“Pertama, dengan bekal ilmu yang mereka peroleh selama menempuh jenjang pendidikan, apalagi di waktu-waktu terakhir ada sedikit perubahan di dalam kami menyelenggarakan proses pendidikan, mereka diminta dan juga punya hak, tidak hanya studi di dalam, tapi juga mengikuti perkembangan,” katanya.

Sehingga dikatakannya dengan bekal tersebut, para lulusan bisa memilih sejumlah rencana seperti melanjutkan studi kembali bagi yang punya kesempatan dan niat.

“Jadi, bagi lulusan Unand kami akan fasilitasi pilihan prodi apa, misalnya dari sarjana menjadi magister atau dari diploma menjadi sarjana, itu kami tampung,” ujarnya.

Kemudian, dijelaskannya para lulusan Unand bisa berkompetisi dengan berbagai lulusan perguruan tinggi lain ketika mendapat kesempatan yang sama untuk ikut di dalam berbagai peluang kerja yang didapat.

“Apalagi hari ini kalau boleh saya katakan, semua lembaga apapun juga, baik pemerintah atau swasta biasanya akan merekrut, walaupun tantangan hari ini berbeda dengan yang lama, sekarang ada penakar-penakar substansi lain yang harus dilakukan,” kata Rektor Unand.

Lebih lanjut, dijelaskannya bekal yang telah diperoleh mahasiswa selama jenjang pendidikan di Unand bisa menjadi modal dan juga dikatakannya sekarang juga marak fenomena setiap lulusan yang sebelum lulus sudah membuka lapangan kerja sendiri.

“Banyak start up yang mereka ciptakan dan tentu ini saya yakin dan percaya, mereka yang wisuda tentu akan menjadi keyakinan baru serta mereka akan buka kembali kesempatan kerja, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Yuliandri.

Ia menambahkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan berbagai lembaga, termasuk juga lembaga keuangan yang siap untuk mendukung ketika ada mahasiswa atau lulusan Unand yang membuka lapangan kerja sendiri.

“Mereka siap backup dan dengan upaya serta ikhtiar yang mereka miliki, saya yakin dan percaya, mereka punya potensi dan bisa meraih hal tersebut,” katanya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top