Tangguh Bencana, Kelurahan Lolong Belanti Masuk Empat Besar Kelurahan Terbaik

Tangguh Bencana, Kelurahan Lolong Belanti Masuk Empat Besar Kelurahan Terbaik

Padang, cagak.id—Kelurahan Lolong Belanti menjadi salah satu dari empat kelurahan yang lolos Seleksi Administrasi Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Padang Tahun 2023.

Ketua Tim Penilai, David Ferdinand menjelaskan kiat terpilihnya Kelurahan Lolong Belanti menjadi empat besar terbaik dalam penilaian.

“Untuk penilaian kelurahan berprestasi ini, kita melihat dari segi makalah. Karena dari awal tim melakukan pembedahan terhadap makalah-makalah yang diterima,” ucap David Ferdinand saat melakukan penilaian di kelurahan tersebut, Kamis (4/5/2023).

Tentunya makalah tersebut juga dilakukan evaluasi, dicek bersama tim terkait dengan saksama. Kemudian dari 104 kelurahan yang ada, Kelurahan Lolong Belanti berada di antara empat besar lainnya.

“Dari segi inovasi, prestasi, dan apa yang bisa ditonjolkan juga menjadi penilaian oleh tim. Yang dimaksud tentang yang ditonjolkan bukan lurahnya, namun kelurahannya,” jelasnya.

Disebutkan David yang merupakan pejabat fungsional di Bappeda Padang itu, salah satu inovasi yang ada di Kelurahan Long Belanti ialah bank sampah. Tentu penting adanya bank sampah ini dalam menjadikan Kota Padang enak dipandang.

“Kemudian terkait prestasi, Lolong Belanti menempati 50 terbaik dunia tentang kebencanaan. Daerah tangguh bencana ini dilakukan penelitian oleh UNESCO dan BMKG,” cecarnya.

Kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masayrakat (LPM) juga disampaikan sangat bagus. Dijelaskan David, sejalan dengan inovasi yakni LPM Pemberdayaan Sampah.

“Mereka sudah memiliki titik-titik bank sampah. Apabila ada pengaduan masyarakat terkait sampah, mereka bisa mencarikan jalan keluar terkait cara pengambilan sampah tersebut,” jelasnya.

Adapun tim dari giat ini dilakukan juga disampaikan kepada Diskominfo Kota Padang yang bertempat di Kantor Lurah Lolong Belanti.

“Timnya itu ada dari berbagai tim instansi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Capil, Dinas Pendidikan, saya dari Bappeda, Diskominfo, dan dari pemerintahan selaku sekretariatnya,” tuturnya. (cgk/kominfo)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top